Senin, 25 April 2016

PSIKODIAGNOSTIK : TES INTELEGENSI



Tes Intelegensi
Macam-macam test intelegensi
a.     IST = tujuan untuk memahami diri dan pengembangan pribadi, merencanakan pendidikan dan karier. Subtest yang termasuk kedalam IST adalah :
                                                              i.      SE = melengkapi kalimat
                                                            ii.      WA = mencari kata yang berbeda
                                                          iii.      AN = mencari hubungan kata
                                                         iv.      GE = mencari kesamaan dari 2 kata
                                                           v.      RA = berhitung
                                                         vi.      ZR = deret angka
                                                       vii.      FA = menyusun bentuk
                                                     viii.      WU = balok
                                                          ix.      ME = melatih memori
b.     CFIT = mengukur intelegensi individu
 
c.      SPM = salah satu contoh bentuk skala intelegensi
 

d.     WISC = untuk mnegukur intelegensi anak-anak usia 6-16th

Test Kemampuan Kerja
Jenis-jenis tes kemampuan kerja
a.     Tes Kraeplin = tujuan untuk menentukan seperti apa tipe performance seseorang, misalnya hasil penjualan yang rendah, dapat mengindikasikan daya gejala depresi mental. Serta dapat mengukur seberapa maximum performance dari seseorang.
                                                              i.      Faktor Kecepatan : beberapa prestasi yang dicapai seseorang atau teste saat mengerjakan tes.
                                                            ii.      Faktor Ketelitian : beberapa kesalahan (salah maupun terloncat) yang diperbuat dalam pengerjaan tes.
                                                          iii.      Faktor Keajegan : pada irama kerja seseorang dalam mengerjakan tes. Bertujuan untuk mengetahui keajegan atau sering disebut kestabilan seseorang maka dengan cara menskor deret tertinggi dikerjakan dikurangi deret terendah yang dikerjakan.
                                                         iv.      Faktor Ketahanan : garis ausdaner dalam mengerjakan tes (menganalisa dari bentuk grafik yang dikerjakan teste).

b.     Tes Pauli = mengetahui batas perbedaan kondisi individu, melihat prestasi dengan tepat dan mengetahui pengaruh sikap kerja.
Tes Evaluasi Belajar : fungsinya sebagai alat untuk mengetahui ketercapaian tujuan pengajaran, sebagai dasar untuk menentukan nilai atau tingkat keberhasilan belajar siswa, sebagai alat untuk memotivasi belajar siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar